Idul Adha, Kilang Pertamina Dumai Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Melalui Bantuan 94 Ekor Hewan Kurban

oleh -115 Dilihat
oleh

Dumai – Memaknai hari raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban yang jatuh setiap tanggal 17 Dzulhijjah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan berbagi kepada sesama sebagai simbol nilai pengorbanan dan keikhlasan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagi kebahagiaan dan keberkahan lewat pembagian daging kurban kepada sesama, senin (17/06).

Begitu halnya juga yang dilakukan oleh PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI ) Unit Dumai pada semarak Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi kepada stakeholder dan masyarakat sekitar dengan melaksanakan penyembelihan dan penyerahan hewan kurban, bertempat di Masjid Al-Muhajirin, Komplek Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Dumai, Senin (17/6).

Dalam perayaan hari raya Idul Adha tahun ini, PT KPI Unit Dumai berhasil mengumpulkan hewan kurban sebanyak 94 ekor, diantaranya 68 ekor sapi dan 26 ekor kambing yang berasal dari 392 shohibul kurban (orang yang berkurban) yang diakomodir melalui Badan Dakwah Islam (BDI) RU II.

Selanjutnya, hewan-hewan kurban tersebut disembelih di 3 tempat, yakni 62 ekor sapi serta 23 ekor kambing dan domba di Masjid Al-Muhajirin, 3 ekor sapi di Masjid Al Hidayah WTP Sei Rokan, serta penyembelihan 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas Fire Camp. Setelah melakukan survey agar tepat sasaran, daging-daging kurban tersebut didistribusikan ke 32 Masjid dan Musala yang ada di Kota Dumai.

“Alhamdulillah pada tahun ini kami bisa kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban dan berbagi kepada masyarakat. Hal ini juga menjadi wujud rasa syukur PT KPI Unit Dumai atas segala pencapaian yang telah diraih dan operasional kilang yang berjalan dengan lancar dan aman,” kata Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan.

Agustiawan menjelaskan, hal tersebut juga tidak lepas dari dukungan dan doa yang terus diberikan oleh masyarakat kepada PT KPI Unit Dumai. Menurutnya lagi, semangat berkurban yang senantiasa dijaga oleh Kilang Pertamina Dumai juga menjadi komitmen perusahaan untuk dapat terus memberikan kontribusi positif sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat sekitar sesuai dengan tata nilai AKHLAK yang diimplementasikan oleh Pertamina.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di lingkungan PT KPI Unit Dumai sebelumnya diawali dengan pelaksanaan Solat Idul Adha bersama yang dilaksanakan di lapangan Masjid Al-Muhajirin. Dalam sambutannya, General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo menjelaskan bahwa kegiatan penyembelihan dan berbagi hewan kurban menjadi makna persatuan dan wujud kepedulian sosial dari Kilang Pertamina Dumai untuk masyarakat.

“Kegiatan ini melambangkan persatuan, kesatuan dan keikhlasan serta sarana peningkatan kepedulian sosial kita sebagai umat islam kepada sesama. Sebagai insan Pekerja PT KPI Unit Dumai yang telah diberikan Allah nikmat yang banyak maka sudah sepatutnyalah kita mensyukurinya dengan melaksanakan ibadah kurban,” tegas Didik Subagyo.

Kegiatan penyembelihan sekaligus berbagi hewan kurban ini juga menjadi bentuk kontribusi dan komitmen PT KPI Unit Dumai membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar sekaligus wujud kepedulian terhadap nilai-nilai ekonomi, sosial, dan keagamaan.

Hal ini pun juga menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya terkait salah satu aspek pembangunan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Didik Subagyo berharap kegiatan di Hari Raya Idul Adha tidak hanya sekedar momentum seremonial saja, tetapi setiap maknanya dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan seperti ini juga menjadi momentum bagi kami untuk dapat terus menjalin dan mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat. Serta makna berbagi dan nilai keikhlasan juga bisa kita terapkan seterusnya dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dimulai dari hal-hal yang paling kecil,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, Didik Subagyo juga meminta doa dan dukungan masyarakat untuk jalannya operasional kilang Dumai.

“Mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar operasional kilang Dumai dapat terus berjalan aman dan andal demi memastikan ketersedian BBM untuk masyarakat aman dan tersalurkan dengan baik tanpa hambatan,” tutup Didik Subagyo.(Zur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *