Cara Edukatif dan Bermanfaat Ala Kilang Pertamina Dumai Rayakan International Firefighter’s Day

oleh -102 Dilihat
oleh

Dumai – Makna pahlawan kini bukan lagi hanya ketika kita berbicara tentang mereka yang telah merebut kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan, tetapi juga bisa diberikan kepada siapapun yang telah memberikan keamanan dan keselamatan untuk banyak orang dari ancaman bahaya. Sehingga, makna pahlawan itu juga layak untuk disematkan kepada para pemadam kebakaran yang selalu gagah berani melawan si jago merah, selasa (11/06).

Menghormati sekaligus mengapresiasi perjuangan sosok pahlawan api tersebut, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai turut merayakan perayaan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighter’s Day (IFFD) yang jatuh pada setiap tanggal 4 Mei setiap tahunnya. Hal tersebut sebagai salah satu wujud apresiasi tertinggi yang diberikan oleh Kilang Pertamina Dumai Kepada seluruh firefighter atau pemadam kebakaran.

Untuk merayakan hari penting itu, PT KPI Unit Dumai siap mengadakan sejumlah kegiatan edukatif dan bermanfaat bagi para pekerja dan keluarga yang ada di lingkungan Kilang Pertamina Dumai, serta masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan. Pembukaan acara tersebut ditandai dengan apel siaga bersama seluruh unit operasi yang ada di lingkungan PT KPI yang dilaksanakan secara Hybrid di Fire Station, Selasa (11/6).

General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, mengatakan perayaan IFFD menjadi bentuk penghormatan dan komitmen serta dukungan Kilang Pertamina Dumai atas segala perjuangan tim pemadam kebakaran di seluruh dunia, tidak terkecuali tim firefighter PT KPI Unit Dumai.

“IFFD ini setiap tahunnya kita peringati sebagai bentuk penghormatan dan dukungan kepada seluruh pahlawan pemadam api. Hal ini juga menjadi wujud komitmen PT KPI Unit Dumai terkait readiness dan emergency response terhadap keselamatan bekerja,” jelasnya.

Dijelaskannya kembali, keseluruhan aspek-aspek readiness dan emergency response yang dimiliki oleh PT KPI Unit Dumai, seperti mobil dan truk pemadam kebakaran, alat pemadam kebakaran portable, sistem deteksi api dan gas, sistem pemadam kebakaran, dan lainnya telah mencapai 100 persen.

Untuk merayakan salah satu hari penting tersebut, Kilang Pertamina Dumai akan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan menarik dan edukatif yang dapat meningkatkan awarness bagi seluruh pekerja dan keluarga di lingkungan PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning, serta masyarakat.

Acara tersebut diantaranya sosialisasi tanggap darurat untuk masyarakat disekitar wilayah operasi perusahaan, fire brigade go to school, lomba pemadam Masyarakat Peduli Bencana (MPB), penandatanganan MoU dengan BPBD, street campaign terkait tanggap darurat, dan pelatihan first aider untuk fire brigade.

Apel siaga bersama perayaan IFFD yang berlangsung secara hybrid tersebut dibuka oleh Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi dedikasi dan pengabdian para fire fighter di semua unit PT KPI yang selalu berada di garis depan.

“Kami semua menyampaikan penghormatan serta rasa salut yang luar biasa atas keberanian, dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan. Semuanya adalah pahlawan sejati yang tidak kenal lelah berada di garis depan demi keselamatan banyak nyawa, keamanan dan keselamatan operasional kilang,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Taufik juga mengingatkan pentingnya meningkatkan readiness dan emergency response, serta harus selalu siap dengan peralatan dan keterampilan agar operasional kilang senantiasa dalam kondisi aman dan andal.

Selain itu, hadir pula VP HSSE PT KPI, Diandoro Arifian, yang menyebutkan bahwa dalam rangka memperingati IFFD, PT KPI siap melaksanakan kegiatan bulan firefighter dengan berisikan beberapa kegiatan yang menjadi campaign edukasi pada segala aspek terkait fire safety. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pada seluruh insan PT KPI serta masyarakat tentang betapa pentingnya peran dan prinsip penanggulangan kebakaran .

Menariknya, dalam gelaran perayaan IFFD tahun 2024 ini nantinya PT KPI juga akan mencatat Rekor Muri lewat kegiatan Fire Fighting Contest Se-Jawa yang dilakukan secara serentak dengan melibatkan 2.000 peserta dari seluruh unit operasi PT KPI.

Selain dihadiri oleh Dirut PT KPI, acara apel siaga bersama dalam rangka IFFD 2024 itu turut dihadiri oleh jajaran Direksi PT KPI lainnya.

Secara historis, tercetusnya peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada 5 petugas pemadam kebakaran yang gugur secara tragis dalam tugasnya saat memadamkan kebakaran pada tragedi kebakaran hutan yang terjadi di Linton, Australia pada tahun 1999.(Zur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *