Tanggap Karhutla, Polsek Ukui Padamkan Karhutla di Desa Lubuk Kembang Bunga

oleh -137 views

Pelalawan – Upaya pendinginan dan pemadaman Karhutla terus dilakukan tim gabungan Polsek Ukui, Bhabinsa, Brigdalkarhutla, MPA dan PT. RAPP di Dusun Toro Desa Lubuk Kembang Bunga, Kamis (04/03).

Mulanya sekira pukul 14.00 wib Kapolsek Ukui AKP Rifendi S.Sis., M.Si mendapatkan informasi terkait adanya karhutla dari personil Polsek Ukui yang sedang ditugaskan untuk patroli pada daerah rawan karhutla di Desa Lubuk Kembang Bunga, yang tidak terpantau sebagai Hot Spot oleh satelit pada aplikasi Lancang Kuning.

Mendapati informasi tersebut AKP Rifendi langsung ambil tindakan dengan memimpin persiapan menuju TKP.

“Informasi dari personil Polsek Ukui yang sedang patroli, bahwa ada titik api Desa Lubuk Kembang Bunga, walau tidak terdeteksi satelit hari itu juga kita langsung berangkatkan 3 personil untuk membantu melakukan pemadaman,” ujarnya.

Adapun personil yang melakukan pemadaman sebanyak 14 Personil dengan rincian, 4 personil Polsek Ukui, 1 Personil Tni, 2 Personil Brigdalkarhutla TNTN, 4 Personil MPA Desa Lubuk Kembang Bunga, dan 3 Personil dari PT. RAPP.

Sarana dan prasarana peralatan pemadaman yang dibawa ke lokasi, 1 Unit R4 Brigdalkarhutla TNTN, 4 Unit R2, 1 Unit Max 3 , dan 3 Unit kantung air.

“Sekira pukul 16.30 wib tim sampai di lokasi dan langsung melakukan pemadaman secara bersama,” terangnya.

Minimnya sumber air serta medan yang cukup sulit, membuat tim Karhutla terus berjibaku memadamkan api hingga malam hari.

“Adapun luas lahan yang terbakar lebih kurang 0,5 Ha berupa semak belukar bekas imasan,” kata Kapolsek.

Untuk selanjutnya kapolsek telah perintahkan tim untuk melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang diduga dilakukan secara sengaja oleh oknum tidak bertanggung jawab. (Eni)