Polsubsektor Pelalawan Tinjau Titik Api Yang Terpantau Dasboard Lancang Kuning

oleh -102 views

Pelalawan – Polsubsektor Pelalawan, tinjau titik api yang terpantau di dalam Dashboard Lancang Kuning, Polda Riau, Kamis (15/04/2021).

Kegiatan tersebut, dilakukan oleh Personel Piket Yanmas Polsubsektor Pelalawan yang dipimpin oleh Aipda Agustinus Hermanto. Titik api berada di areal perkebunan Akasia milik CV SAW, Desa Rangsang, Kecamatan Pelalawan.

Kasubsektor Pelalawan Ipda Muharis mengatakan, dari hasil peninjauan yang dilakukan personelnya, titik api yang terpantau oleh Aplikasi Lancang Kuning tidak ditemukan.

Dikatakannya, tujuan peninjauan titik api itu adalah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Berbagai upaya kita lakukan dalam pencegahan Karhutla. Di antaranya, penyebaran Maklumat Kapolda Riau tentang Karhutla, patroli di daerah rawan kebakaran, melakukan sosialisasi serta melarang membuka lahan dengan cara membakar,” kata Ipda Muharis.

Ia berharap, upaya yang dilakukannya dapat mencegah terjadinya Karhutla.

“Saya juga mengajak kepada pihak terkait, baik pemerintah daerah maupun perusahaan agar terus bersinergi bersama-sama melakukan pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Dalam peninjauan itu, pihaknya mengalami kendala karena sulitnya medan yang ditempuh. Menuju lokasi, petugas harus menempuh dengan jalur air dan tidak adanya jaringan internet. (Eni)