Polsek Pangkalan Kuras Bersinergi Lakukan Patroli Karhutla Secara Rutin

oleh -117 views

Pelalawan – Personel Polsek Pangkalan Kuras, Polres Pelalawan, bersinergi melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara rutin di wilayah Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan, Senin (12/04/2021).

Kapolsek Pangkalan Kuras AKBP Ahmad mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh sejumlah personil yang dipimpin oleh Ka UKL II Aiptu Donni. Dalam pelaksanaan, tim mendatangi sejumlah lokasi yang dianggap rawan terjadinya Karhutla.

“Patroli merupakan salah satu upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Pangkalan Kuras. Apalagi, dalam kurun waktu beberapa hari ini di Kecamatan Pangkalan Kuras minim curah hujan,” ujar AKBP Ahmad.

Dalam giat itu, Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

“Faktor kondisi lahan gambut yang kering di Kecamatan Pangkalan Kuras sangat berpotensi dan mudah terbakar. Oleh karena itu, kita terus melakukan mitigasi dan patroli sebagai upaya pencegahan Karhutla serta tindakan antisipatif saat musim kemarau tiba,” tambahnya.

Dia juga meminta masyarakat, apabila menemukan pelaku yang dengan sengaja maupun tidak sengaja membuka lahan dengan cara membakar agar memberitahukan kepada petugas Bhabinkamtibmas. (Eni)