Polsek Pangkalan Kerinci Tinjau Kampung Tangguh

oleh -65 views

Pelalawan – Personel Polsek pangkalan Kerinci, Polres Pelalawan, melalui bhabinkamtibmas kelurahan pangkalan kerinci barat Bripka Fery Ferdian melakukan peninjauan Kampung Tangguh kabupaten Pelalawan, Riau, Jumat (19/02).

Kampung tangguh termasuk salah satu dari Program 100 hari Kapolri yakni Program XIV tingkatkan dan kembangkan kampung tangguh untuk penanganan Covid-19.

“Gerakan jaga kampung adalah upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan saat Covid-19. Itu berupa pertanian, perikanan, dan peternakan,” ucap Bripka Fery Ferdian.

Keberadaan Kampung Tangguh mendapat respons positif dari warga sekitar. Dengan adanya kampung tangguh menjadikan warga disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Dibentuknya kampung tangguh agar masyarakat peduli dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan adanya kampung tangguh mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya,” tambahnya.

Selain itu Program Kampung tangguh tersebut juga bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat, yang saat ini sedang dilanda Pandemi Covid-19.

“Disadari adanya Covid-19 menjadikan mata pencaharian serta penghasilan masyarakat berkurang, dan menurunnya produktivitas. Selain itu, menurutnya, program jaga kampung dalam rangka mengatasi permasalahan sosial yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19,” terangnya lagi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya.

“Upaya dan bentuk kegiatan yang dilaksanakan yakni melakukan kegiatan Sambang serta kontrol agar program kampung tangguh tetap terlaksana, yaitu di lahan POK tani Harapan Jaya yaitu jenis tanaman labu manis diatas lahan milik Ali dengan luas lahan berukuran 12×25 m2,” singkatnya. (Eni)