Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Supervisi Terhadap Satpam Perusahaan

oleh -96 views

Pelalawan – Polsek Pangkalan Kerinci, Polres Pelalawan, Unit Binmas melalui kegiatan Binkamsa, melaksanakan sosialisasi Perpol nomor 4 tahun 2020, serta supervisi terhadap Satpam sebagai pengemban tugas kepolisian terbatas dan sebagai perpanjangan tangan dari Polri dalam menjaga Kamtibmas,” Selasa, (06/04/2021).

Kegiatan dilakukan oleh Panit I Binmas Iptu Nurhakim bersama 3 personel, yang dimulai sejak 23 Maret hingga 2 April 2021 di 54 perusahan dan instansi pemerintah yang menggunakan jasa satuan pengamanan. Petugas juga melakukan pendataan terhadap BUJP yang beroperasional di wilayah hukum Polsek Pangkalan Kerinci.

Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Novaldi SSos MSi mengatakan supervisi yang dilaksanakan pihaknya masih banyak menemukan Satpam yang belum mengikuti Diksar dari Polda Riau dan kartu tanda anggota (KTA) Satpam yang sudah tidak aktif lagi.

“Bahkan ditemukan perusahaan masih menggunakan tenaga PK (penjaga keamanan/centeng),” terangnya.

Menurutnya, hal itu tidak sesuai dengan Peraturan Polisi Nomor 4 tahun 2020 sebagai Payung Hukum satuan pengamanan dalam bertugas di wilayah kerjanya.

“Tim yang melaksanakan supervisi agar menyampaikan pengguna jasa Satpam, baik perusahaan, instansi dan BUJP untuk mendiksarkan Satpamnya sebelum bekerja di lapangan,” kata Kompol Novaldi,

Dikatakannya, tujuan supervisi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Satpam yang bertugas di lapangan. (Eni)