Polsek Bunut Lakukan Tahapan Pencegahan Karhutla

oleh -103 views

Pelalawan-Minimnya curah di wilayah hukum polsek Bunut menyebabkan beberapa vegetasi dan lahan gambut menjadi kering. Kapolsek Bunut, Polres Pelalawan, AKP Rokhani beserta anggota Polsek Bunut, dalam upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan lahan memberikan selebaran Maklumat Kapolda Riau, Ahad (20/12).

“Yakni tentang Kebakaran Hutan dan Lahan serta Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Petani Kecamatan Bunut,” kata Kapolsek.

AKP Rokhani mengatakan kegiatan Patroli pencegahan karhutla dilaksanakan langsung oleh kapolsek Bunut beserta 2 Orang Personil Polsek Bunut.

“Hal ini mengingat beberapa hari belakangan ini intensitas hujan menurun sehingga kegiatan patroli harus lebih ditingkatkan,” terangnya. Mengingat hampir setiap tahunnya di wilayah hukum Polsek Bunut selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Selain itu juga faktor kondisi lahan gambut kering, di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan menyebabkan vegetasi kering sangat mudah terbakar,” tambah Kapolsek.

Lahan gambut yang kering juga menjadi potensi rawan terjadinya kebakaran.

“Maka dari itu penting dilakukan kegiatan patroli pencegahan karhutla sebagai tindakan antisipatif saat musim kemarau tiba,” ungkap Kapolsek.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, serta apabila menemukan masyarakat yang dengan sengaja maupun tidak sengaja membuka lahan dengan cara membakar agar memberitahukan kepada petugas Bhabinkamtibmas,” Kata AKP Rokhani,S.S,MH. (Eni)