Polsek Bunut Jaga Ketat Pengamanan di Sejumlah Gereja

oleh -75 views

Pelalawan – Dalam mengantisipasi aksi terorisme, Polsek Bunut Polres Pelalawan, memperketat pengamanan saat ibadah perayaan Jumat Agung di seluruh gereja yang berada di wilayah hukum Polsek Bunut jajaran Polres Pelalawan yakni kecamatan Bunut dan di Kecamatan Bandar Petalangan, Jumat (02/04/2021).

Personil Polsek Bunut pengamanan ini juga didampingi oleh personil Koramil 03 Bunut dan Ormas Pemuda Batak Bersatu.

“Sebanyak 8 Gereja yang berada di Kecamatan Bunut dan Bandar Petalangan seluruhnya kita lakukan pengamanan baik dalam pelaksanaan Ibadah jumat Agung maupun ibadah Paskah pada hari minggu 4 april mendatang,” ucap Kapolsek Bunut AKP Rokhani,S,S,MH.

Sebelum pelaksanaan ibadah perayaan Jumat Agung dimulai personil yang melakukan pengamanan ibadah perayaan Jumat Agung bersama dengan pengurus gereja melaksanakan patroli dan pengecekan situasi di sekitar lingkungan gereja.

Pada tidak hanya pengecekan diluar ruangan gereja saja, petugas pengamanan juga melakukan sterilisasi di dalam gedung gereja tempat berlangsungnya ibadah tahun baru terutama terhadap benda – benda yang mencurigakan yang tidak semestinya berada dalam serta pada saat ibadah akan dimulai terhadap seluruh jemaat yang membawa barang bawaan tak luput dari pemeriksaan personil pengamanan.

“Upaya pengamanan dilakukan untuk menjamin sejauh mungkin terpeliharanya suatu kondisi dimana tidak ada kesempatan atau peluang bagi lawan untuk berhasil melakukan spionase, sabotase dan penggalangan sedangkan kegiatan sterilisasi dilakukan untuk memastikan kondisi gedung dalam keadaan bersih,aman dan tidak ada benda benda mencurigakan lainnya,” ucap Kapolsek Bunut Polres Pelalawan AKP Rokhani,S.S,MH

Jemaat yang hadir juga terlihat mematuhi protokol kesehatan. Mereka datang menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki gereja. Panitia juga melakukan pengecekan suhu tubuh jemaat untuk memastikan seluruh jemaat yang hadir dalam kondisi sehat.

“Setiap masuknya jemaah nanti kita akan lakukan pemeriksaan. Ini salah satu upaya preventif yang kita lakukan untuk tidak terjadi terhambatnya jemaah yang lain untuk melaksanakan kegiatan agama disarankan tidak membawa tas,” tutup Kapolsek.(Eni)