Pakai VPN Saat Transaksi M-Banking, Uang Wanita Asal Cilebut Ini Raib Tiba-Tiba

oleh -247 views

Pemerintah membatasi penggunaan internet saat kerusuhan di Jakarta 21-22 Mei 2019. Media sosial dan aplikasi jejaring pesan instan Whatsapp sempat down.

Hal ini membuat pelaku bisnis online kelimpungan dalam menjalankan usahanya. Tidak sedikit yang akhirnya menginstall
Virtual Private Network (VPN) agar dapat mengirimkan gambar dan video di media sosial maupun whatsapp.

Namun, VPN ternyata membawa dampak buruk saat melakukan transaksi melalui M-banking. Seperti yang dialami Anisa Putri.

Dilansir dari laman metropolitan.id, pemilik sekaligus pedagang olshop asal Cilebut tersebut mengaku uangnya raib secara tiba-tiba. Hal itu ia ketahui saat melihat saldo melalui aplikasi M-Banking dalam ponselnya.

Awalnya, wanita yang akrab disapa Putri itu mengaktifkan VPN untuk mempercepat akses internet dalam ponselnya. Ia melakukan transaksi jual beli pakaian dengan beberapa pelanggannya. Termasuk melakukan transfer pembayaran.

Namun, Putri mengaku kaget saat melihat saldo yang dimilikinya kurang dari Rp200 ribu, dari jumlah sebelumnya Rp12 juta. “Saya bingung lihat saldonya hilang tiba-tiba. Pas saya cek mutasi juga tidak ada transfer ke luar,” ujarnya.

Usai saldonya hilang, Putri meluapkan kekesalannya di media sosial. Unggahannya itu ternyata direspons banyak teman-teman Putri yang mengalami hal serupa.

Putri mengatakan, uang teman-temannya juga ikut hilang tiba-tiba.

Diketahui kebanyakan teman Putri yang mengalami nasib serupa setelah menggunakan dan M-Banking dalam ponselnya.

Putri pun mengaku bingung harus mengadukan nasibnya ke mana. Sebab, ia belum sempat menanyakan ke bank terkait raibnya uang di rekening tersebut.

“Besok (hari ini, red) mau diurus ke bank. Karena uang yang hilang uang THR buat dibagi-bagi ke pegawai saya,” kata Putri.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky menjelaskan, sejak ramai diberitakan kerugian menggunakan portal VPN, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah mengimbau langsung agar tidak lagi menggunakan portal VPN untuk mengakses berbagai media sosial. Apalagi membuka aplikasi M-Banking.

Sementara di Kabupaten Bogor, Dicky mengaku hingga kini belum mendapat laporan dari warga Bogor yang jadi korban penggunaan VPN. Ia pun mengimbau jika ada yang mengalami kerugian segera melapor ke pihak kepolisian.

“Dari Kemenkominfo sudah imbau untuk tidak pakai VPN lagi. Ya boleh saja lapor kami jika ada temuan,” ujar Dicky. 

No More Posts Available.

No more pages to load.