Missed Call Saja Cukup, WhatsApp Diserang Virus Spyware Canggih

oleh -239 views


PEKANBARU (jempolnews.id) –  Panggilan tak terjawab (missed call) di WhatsApp saja sudah cukup untuk menginfeksi ponsel pengguna dengan virus pengintai (spyware). Pengintai canggih itu diduga buatan Israel.

Platform pesan WhatsApp mengatakan telah menutup celah yang memungkinkan virus pengintai atau spyware menginfeksi ponsel lewat panggilan tak terjawab (missed call). WhatsApp mengatakan, selama ini diduga hanya pengguna terpilih saja yang ditargetkan virus canggih itu.

Seorang jurubicara WhatsApp mengatakan hari Senin (13/5), mereka tidak mengetahui seberapa luas serangan spyware yang diduga buatan Israel itu, tetapi jumlah individu yang diketahui terkena serangan setidaknya puluhan. WhatsApp mendesak para pengguna aplikasinya untuk mengunduh update terbaru aplikasi mereka untuk melindungi diri dari serangan itu.

Outlet media, termasuk Financial Times dan TechCrunch, mengidentifikasi spyware itu sebagai produk dari kelompok yang dinamakan NSO di Israel. Grup ini sudah terkenal dengan perangkat lunaknya “Pegasus” yang dapat meretas smartphone dan mengaktifkan mikrofon dan kamera serta mengumpulkan informasi lokasi dan mengirim email dan teks.

WhatsApp tidak memberi konfirmasi atas berita-berita keterkaitan NSO, namun WhatsApp mengatakan bahwa mereka “tidak menyangkal” liputan-liputan media mana pun.

No More Posts Available.

No more pages to load.