Merasa Dirugikan Akibat Kabut Asap, Masyarakat Bisa Lakukan Gugatan

oleh -518 views

Jempolnews.id- Pekanbaru- Masyarakat provinsi Riau, yang merasa sangat di rugikan akibat dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan, dapat melakukan gugatan. Hal ini sudah di atur dalam undang undang, salah satunya melakukan class action.

Praktisi hukum Riau, Asep Rukhiyat mengatakan, jika memang terpenuhi adanya kelalaian dari dinas dan instansi terkait, maka gugatan class action dapat di lakukan. ” Masyarakat bisa melakukan gugatan, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku” ungkapnya.

Apalagi kejadian ini dinilai, sangat merugikan terkait dampak kabut asap yang sudah terjadi. ” Dalam hal ini, masyarakat sangat di rugikan, sehingga wajar melakukan gugatan” tambahnya.

Hal ini di harapkan, dengan dilakukannya gugatan, dapat menyadarkan pemerintah dan instansi terkait, ntuk dapat lebih serius mengatasi persoalan kabut asap di Riau.

” Jika hal ini dilakukan, maka secara tidak langsung dapat menyadarkan pemerintah dan instansi terkait, agar lebih peduli dan tanggap terkait persoalan kabut asap di Riau” terangnya lagi.

Tindakan hukum yang tegas, bagi pelaku pembakar hutan dan lahan sangat dibutuhkan, agar kepercayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum tidak hilang. (Zuhri)