Kapolres Pelalawan Tinjau Posko PPKM Sejumlah Desa di Kecamatan Ukui

oleh -136 views

Pelalawan – Menyikapi perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Pelalawan, Kapolres Pelalawan, AKBP Indra Wijatmiko SIK, melakukan pengecekan sejumlah Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, (PPKM) berbasis mikro yang ada di Kecamatan Ukui, Selasa (20/04/2021).

Kapolres meninjau posko PPKM yang telah didirikan di sejumlah desa di Kecamatan Ukui.

Posko PPKM yang ditinjau antaranya Desa Kampung Baru, Desa Silikuan Hulu, Desa Bagan Limau dan Desa Bukit Gajah. Empat desa tersebut berdasarkan data dari puskesmas terdapat beberapa warga yang terinfeksi Covid-19.

Karena itu, Kapolsek Ukui AKP Rifendi SSos MSi bersama gugus tugas Covid-19 Kecamatan Ukui telah membentuk beberapa Posko PPKM sesuai intruksi Kemendagri dari tingkat RT.

Dalam pemantauan posko PPKM tersebut, AKBP Indra Wijatmiko didampingi pejabat utama Polres Pelalawan, Kapolsek Ukui AKP Rifendi, Kades Kampung Baru Taryo. Kapolres beserta jajaran melihat langsung sarana protokol kesehatan di Posko PPKM Desa Kampung Baru.

“Kami lihat, semua sudah disediakan baik panel data, peralatan prokes dan petugas posko, sesuai instruksi dari pemerintah pusat untuk mendukung posko PPKM skala mikro sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19,” kata AKBP Indra.

Kapolres mengimbau agar PPKM ini diberlakukan dari tingkat RT sesuai dengan zonanya.

Sementara itu AKP Rifendi menambahkan, agar kepala desa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Puskesmas jika ada warga yang terkonfirmasi Covid-19.

“Di posko PPKM itu sudah terbentuk unit kecil lengkap yang terdiri dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta petugas medis dari puskesmas sebagai ujung tombak dalam melakukan tracking bagi masyarakat yang melakukan kontak fisik dengan pasien terpapar Covid-19,” tutur Kapolsek.

Di posko itu juga, tim melakukan imbauan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas terus di galakan agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

Diketahui, Desa Kampung Baru berdasarkan data dari Puskesmas Ukui terdapat beberapa warganya yang terkonfirmasi Covid-19.

“Kami juga telah memetakan daerah yang terkonfirmasi Covid-19 dan telah memerintahkan Bhabinkamtibmas membentuk posko PPKM di tingkat RT,” tutup Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Desa Kampung Baru Taryo mengungkapkan akan mendukung sepenuhnya pembentukan posko PPKM berbasis mikro di desanya.

“Kami segenap Pemdes Kampung Baru dan warga akan selalu mendukung segala bentuk penanganan Covid-19 yang dianjurkan oleh pemerintah. Semoga dibentuknya posko ini akan mempercepat penanggulangan sampai ke tingkat yang paling bawah yaitu RT,” ujarnya. (Eni)