GUBERNUR RIAU KUMPULKAN SELURUH CAMAT, BANYAK PESAN SOAL PEMILU DISAMPAIKAN

oleh -314 views

JempolNews.id – Gubernur Riau Syamsuar mengumpulkan seluruh camat yang ada di Riau, Senin (8/4). Pada pertemuan yang berlangsung di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru itu, Syamsuar banyak menyampaikan pesan.

Ia meminta, para camat harus ikut mensukseskan Pemilu 2019 yang akan berlangsung 17 April mendatang. Dalam hal ini, mantan Bupati Siak 2 periode tersebut meminta, agar setiap camat untuk turut serta menjaga kondusifitas di wilayahnya agar tidak terjadi konflik saat pesta demokrasi nanti.

“Pertama, karena ada tugas nasional yaitu pemilu serentak. Harapan saya, mereka (camat) dapat mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih,” sebutnya.

Sembari mengimbau masyarakat untuk datang ke TPS, camat juga diharapkan berperan aktif untuk mengajak warganya yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) untuk membuat surat keterangan (Suket).

“Karena ada kebijakan MK bagi warga kita yang belum KTP-El. Itu dibolehkan menggunakan surat keterangan (Suket). Ini juga yang kita harapkan camat untuk memberikan Suket kepada warga,” tuturnya.

Selain itu, yang paling penting adalah mengajak masyarakat untuk tidak menyebar isu SARA, ujaran kebencian, fitnah maupun kebohongan (hoaks). “Dengan begitu diharapkan pemilu serentak berjalan aman dan damai,” kata dia.

Bukan hanya itu saja, Syamsuar juga berharap, agar tiap camat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan. Karena, musibah ini dapat menghalangi pesta demokrasi. Terlebih lagi, diperkirakan dari Mei hingga Agustus, Provinsi Riau akan memasuki musim puncak kemarau.

“Karena itu saya harapkan mereka mengingatkan warga tidak mambakar saat memanfaatkan lahannya untuk berkebun. Kalau memang nanti warga membutuhkan alat sampaikan ke kami, tapi kalau bisa ditangani bupati ya bupati. Tapi kalau tidak nanti kita carikan solusinya,” pungkasnya.