Cegah Covid-19, Polsek Ukui Ajak Masyarakat Maksimal Penerapan Protokol Kesehatan

oleh -176 views

Pelalawan – Dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19, Polsek Ukui, Polres Pelalawan, secara rutin melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan melalui operasi yustisi dan sosialisasi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Unit Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Aiptu Baroni di Kelurahan Ukui, Sabtu (1/5).

Dalam kegiatan itu, petugas menyasar masyarakat yang berada di pasar tradisional Kelurahan Ukui.

Kegiatan diawali dengan membagikan masker kepada pengunjung pasar, kemudian memberikan sanksi berupa teguran lisan ataupun sanksi sosial berupa membersihkan lingkungan sekitar terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Kepala Kepolisian Sektor Ukui AKP Rifendi SSos MSi mengatakan, operasi yustisi ini merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19. Upaya dilakukan dengan melakukan penegakan hukum sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020, Pergubri nomor 55 tahun 2020 dan Perbup Pelalawan nomor 63 tahun 2020.

“Kabupaten Pelalawan sendiri masuk dalam kategori zona kuning, yang artinya kasus tren Covid-19 masih terus berlanjut, termasuk Kecamatan Ukui,” ungkap AKP Rifendi.

Dikatakannya, beberapa hari terakhir masyarakat Kecamatan Ukui terpapar Covid-19 bahkan hingga meninggal dunia. Maka dari, itu melalui operasi yustisi pihaknya mengajak masyarakat untuk maksimal dalam pencegahan.

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan tim gugus tugas lain, agar membangun kembali dan meningkatkan sinergitas antar instansi dalam upaya menghambat perkembangam Covid-19 di Ukui.

“Kepada masyarakat kami imbau agar desanya yang terkonfirmasi Covid-19 supaya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis skala mikro, seusai dengan tingkatan penyebarannya. Bisa dilakukan pada tingkat RT/RW, desa dan kelurahan,” terangnya.(Eni)