Cegah Aksi Teror, Personel Polsek Bunut Lakukan Pengamanan di Gereja

oleh -42 views

Pelalawan – Personel Polsek Bunut, Polres Pelalawan, lakukan pengamanan ibadah Paskah di gereja. Peningkatan keamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi teror yang telah terjadi di Makassar dan Mabes Polri beberapa waktu lalu, Ahad, (04/04/2021).

Pengamanan gereja ini mulai dilakukan sejak Kamis 1 April lalu, hingga kini. Sebanyak 8 gereja di Kecamatan Bandar Petalangan dikawal oleh personel Polsek Bunut.

“Sebanyak 8 Gereja yang berada di Kecamatan Bunut dan Bandar Petalangan seluruhnya kita lakukan pengamanan. Dengan kehadiran polisi ini kita berharap jemaat yang melaksanakan Ibadah merasa aman dan nyaman,” ucap Kapolsek Bunut AKP Rokhani SS MH.

Sebelum pelaksanaan ibadah perayaan Jumat Agung dimulai, personel Polsek Bunut yang melakukan pengamanan ibadah perayaan Jumat Agung bersama dengan pengurus gereja melaksanakan patroli dan pengecekan situasi di sekitar lingkungan gereja.

Petugas pengamanan juga melakukan sterilisasi di dalam gedung gereja tempat berlangsungnya ibadah. Pengawasan dilakukan terhadap benda-benda yang mencurigakan, serta pemeriksaan barang bawaan para jemaat.

“Upaya pengamanan dilakukan untuk menjamin terpeliharanya suatu kondisi dimana tidak ada kesempatan atau peluang bagi lawan untuk berhasil melakukan spionase, sabotase dan penggalangan. Sedangkan kegiatan sterilisasi dilakukan untuk memastikan kondisi gedung dalam keadaan bersih, aman dan tidak ada benda mencurigakan lainnya,” sebutnya.

Di sisi lain, jemaat yang juga harus mematuhi protokol kesehatan. Mereka datang menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki gereja. Panitia juga melakukan pengecekan suhu tubuh jemaat untuk memastikan seluruh jemaat yang hadir dalam kondisi sehat.

“Situasi saat ini menuntut kita harus lebih tanggap dan waspada sehingga harus lebih serius dalam melaksanakan pengamanan. Ini salah satu upaya preventif yang kita lakukan,” jelas Kapolsek. (Eni)