Babinsa Koramil Tapung Jalin Komunikasi Bahaya Covid 19

oleh -791 views

Jempolnews- Kampar- Babinsa Koramil 16/Tapung, Sertu Harjono selaku pembina masyarakat, melaksanakan Komunikasi Sosial, (Komsos), kepada masyarakat pengolah tahu Sumedang, Minggu (05/04/2020).

“Untuk mendongkrak kemajuan ekonomi keluarga serta kebutuhan sebagai sumber pangan dan lauk pauk masyarakat, tentu harus memiliki keahlian dalam pembuatan tahu sumedang” ungkapnya.

“Dengan situasi seperti ini, diharapkan para pengrajin produksi makanan rumahan, menjaga pola yang bersih, dan memperhatikan standar, dan pekerja tetap menggunakan masker dan menjaga jarak,”kata. Babinsa Sertu Harjono.

Adapun pemilik olahan tahu Sumedang yang dikunjungi Babinsa tersebut, yakni Tumingan, yang berada di Rt 0, Rw 0, Desa Tapung Makmur, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar. Dari keterangan Tumingan selaku pemilik dan pembuat olahan rumahan tersebut, sebelum membuat tahu Sumedang, dirinya merupakan buruh panen sawit.

“Membuat tahu Sumedang yang sudah saya geluti, selama kurang lebih 5 tahun, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ditinggal di sekitar rumah saya” ungkap Tumingan. “Selain masyarakat setempat, juga ada para pedagang yang datang untuk membeli hasil olahan, untuk dijual kembali ke pasar tradisional” tambahnya lagi.

Dirinya menilai, kelebihan tahu Semedang dibanding tahu lain, adalah berongga, sehingga bila dimasak, bumbunya langsung meresap. “Bahan yang digunakan untuk pembuatan tahu adalah kacang kedelai, walaupun saat ini masih merebaknya virus Covid-19 namun bahan tersebut masih gampang dibeli di kedai dan harganya juga masih relatif stabil di pasaran,” jelasnya lagi.

Kesulitan para pengrajin olahan tahu apabila bahan susah didapat dan juga harganya mahal. Hal tersebut tentu berdampak pada harga tahu yang akan mereka jual.(Zuhri)

No More Posts Available.

No more pages to load.