Babinsa Koramil 16/Tapung Bantu Pemerintah Desa Salurkan BLT DD Kepada Warga

oleh -600 views

Jempolnews.id – Kampar- Babinsa Koramil 16/Tapung Serda JL. Tobing dan Koptu R. Simarmata melaksanakan Pendampingan terhadap warga Desa Binaannya pada kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dari Pemerintah dalam hal ini Kepala Desa. Sabtu (16/05/2020).

Pada hari ini ada 2 desa yang melaksanakan kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga kurang mampu diwilayah Koramil 16/Tapung antara lain Desa Suka Ramai, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar sebanyak 158 Kepala Keluarga. Desa Intan Jaya, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar sebanyak 50 Kepala Keluarga.

Kapten Inf Taufik Sihombing Sebagai Danramil 16/Tapung mengatakan bahwa Bantuan sosial bagi warga yang terdampak dari adanya pandemi virus Corona atau Covid 19, yang terbaru adalah bantuan bagi masyarakat miskin yang bersumber dari dana desa, kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Dalam beleid revisi PMK No. 205/2019 ini, Kementerian Keuangan mengubah sebagian anggaran dana desa menjadi bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai atau BLT Desa.

“Terkait dengan adanya Covid-19 Pemerintah pusat memberikan instruksi kepada pemerintah di Desa untuk dapatnya membantu warga yang kurang atau tidak mampu terkait dampak Covid-19 dengan mengunakan dana desa” ungkapnya.

Adapun besaran dari BLT-DD ke masing masing KK adalah sebesar Rp. 600.000,-(Enam Ratus Ribu Rupiah) dan di terimakan selama 3 bulan. “Kami sangat berharap kepada bapak bapak dan ibu ibu penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin untuk membeli kebutuhan pokok, kecukupan gizi dan vitamin demi untuk meningkatkan imunitas diri dan sebagai pertahanan dari Corona virus atau Covid 19,” ungkapnya.

Sementara itu, Babinsa Koramil 16/Tapung Serda JL. Tobing dan Koptu R. Simarmata yang turut hadir dalam penyaluran tersebut saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa warga yang menerima BLT-DD ini merupakan warga kurang mampu yang terkena dampak oleh adanya covid 19 dan sudah dilakukan verifikasi langsung oleh ketua Rt, Perangkat Desa dan BPD Desa.

“Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan pengawalan dan semoga bantuan tersebut betul betul dimanfaatkan dengan sebaik baiknya serta warga dapat mematuhi semua imbauan dari pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

“Kami juga menghimbau kepada warga agar selalu menggunakan masker untuk menghindari penyebaran Covid-19 dan selalu untuk jaga jarak minimal 1 meter guna pencegahan memutus mata rantai virus corona atau Covid-19,” tukasnya.(Zuhri)

No More Posts Available.

No more pages to load.