Babinsa Kembali Kawal Pendataan Warga Penerima Bantuan

oleh -618 views

Jempilnews.id – Rokan Hulu – Masih dalam suasana lebaran Babinsa Koramil 11/Tambusai, Koptu Syahrizal Nasution dan Aparatur Desa Sei Kumango, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, kembali lakukan pengawalan dalam melaksanakan pendataan warga, yang akan menerima atau mendapatkan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa), saat pademi covid-19 ini.

“Pendataan ini sebagai acuan untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima bantuan BLT tersebut, sehingga tidak salah sasaran dan tidak tumpang tindih sehingga dapat membantu masyarakat yang betul-betul memerlukan yang lebih layak menerima” ungkapnya.

Bantuan sebesar Rp 600 ribu (Enam Ratus Ribu Rupiah) selama tiga bulan itu diperuntukkan ke warga miskin yang terdampak Covid-19 yang belum menerima PKH maupun jenis bantuan lainnya yang bersumber dari Pemerintah.

“Dana Desa yang semula dipakai untuk bangunan fisik sebagian akan diarahkan atau diperuntukkan untuk BLT DD” ujar Kepala Desa Sei Kumango Aliusin.

“Penyaluran BLT DD ini berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu per KK (Kepala Keluarga) selama tiga bulan kedepan. Dan bukan dalam bentuk sembako” tambahnya lagi.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mendorong roda perekonomian desa tetap berjalan normal. “Seperti mereka yang biasa berjualan, karena bencana Covid-19 ini sehingga mereka kesulitan dalam memperoleh modal, maka dengan bantuan ini mereka bisa kembali berjualan lagi, Insyaallah dalam waktu dekat ini akan tersalurkan” tegasnya.

Komandan Koramil 11/Tambusai Kapten Inf M. Fadhil juga menyampaikan bahwa Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan mengawal setiap pelaksanaan baik pendataan mau pun saat penyaluran bantuan tersebut, karena itu merupakan salah satu tugas yang diberikan dari Komando atas kita TNI.

“Ini bentuk wujud tanggung jawab kita sebagai aparat Komando Teritorial di wilayah, dan kami berharap ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga dapat membantu masyarakat yang betul-betul layak mendapatkan bantuan tersebut. “Pungkas Danramil.

Adapun para penerima BLT DD ini ada beberapa kategori. Mulai dari sangat miskin, miskin, hampir miskin dan rentan miskin. Seperti contoh pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan, sopir, PKL yang kehilangan pekerjaan, muadzin dan marbot juga berhak mendapat bantuan sehingga bisa meringankan beban masyarakat ditengah pandemi covid-19.(Zuhri)

No More Posts Available.

No more pages to load.