Babinsa Dampingi Pendataan Warga Calon Penerima Bantuan

oleh -628 views

Jempolnwws.id – Rokan Hulu – Koramil 11/Tambusai turun langsung dalam membantu mewujudkan data yang akurat sehingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tepat sasaran dan tidak tumpang tindih, Babinsa Koramil 11/Tambusai Koptu Syahrizal Nasution dan Babinkamtibmas beserta perangkat desa melaksanakan pendataan masyarakat miskin atau kurang mampu diwilayah Desa Sei Kumango Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu sebagai calon penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT), Senin (18/05/2020).

Pada tahap kegiatan pendataan, Babinsa dan Babinkamtibmas serta seluruh instansi terkait secara bersama-sama dengan pemerintah Desa Sei Kumango dalam menyeleksi warga yang kurang mampu.

“Kita turun langsung kelapangan dalam memantau warga yang kurang mampu, agar calon penerima BLT di Desa Sei Kumango benar-benar tepat sasaran, “Ungkap Babinsa.

Komandan Koramil 11/Tambusai Kapten Inf M. Fadhil mengatakan bantuan sosial yang disalurkan bagi warga yang terdampak dengan adanya pandemi Virus Corona atau Covid 19, merupakan bantuan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu yang bersumber dari dana desa.

“Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 Tahun 2020  tentang Pengelolaan dana desa, dalam beleid revisi PMK No. 205/2019, Kementerian Keuangan mengubah sebagian anggaran dana desa menjadi bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai atau BLT Desa” terangnya.

Terkait dengan adanya Pandemi Covid-19, Pemerintah pusat memberikan instruksi kepada pemerintah desa untuk dapat membantu warga miskin yang kurang mampu terkait dampak Covid-19 dengan mengunakan dana desa. Adapun besaran dari BLT-DD ke masing masing Kepala Keluarga (KK) adalah sebesar Rp. 600.000,-(Enam Ratus Ribu Rupiah) untuk selama 3 bulan.

“Kami berharap kepada bapak bapak dan ibu ibu penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari  Dana Desa tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membeli kebutuhan pokok, dalam memenuhi kebutuhan sehari hari serta mencukupi vitamin demi untuk meningkatkan imunitas diri dan sebagai pertahanan dari Corona virus atau Covid 19 ”Pungkas Danramil.(Zuhri)

No More Posts Available.

No more pages to load.